Friday 23 April 2010

Namanya??


Berikut ini adalah percakapan yang terjadi di sela-sela jam mata kuliah tidak favorit saya. Ceritanya teman saya yang senantiasa menjual gorengan di kelas sedang melayani si teman saya yang senantiasa membeli gorengan. Menu gorengan hari itu adalah risol dan pisang goreng.

Si teman saya yang mau membeli gorengan berkata, "Mau risolnya, dong."

Si teman saya yang menjual gorengan memberikan risolnya.
Tapi, kemudian ia berkata, "Kalau yang saya jual ini, namanya karoket, bukan risol."

Di benak saya terlintas wajah nenek saya yang sering membuat yang mirip seperti itu. Lalu, di dalam hati saya berkata, "Itu mah lumpia kering."

Orang Sunda menyebutnya karoket. Orang Jakarta tidak mengenal karoket, tahunya risol. Saya yang di darah saya mengalir darah orang Cina-Semarang mengenali bentuknya yang mirip lumpia.

Jadi, pertanyaannya, apa nama makanan itu?

P.S.
Ternyata kata om Google, namanya lumpia.

No comments:

Post a Comment